Monday 28 September 2009

Seoul Part 2 : Andong, Hahoe's mask dancer village

After Gyengbokgung Palace, Insadong, dan NIIED orientation visit, we arrive at Andong..
a Folk village where Hahoe's mask dancer live..
This 55 old man, is one of Master Hahoe's mask dancer. Although I've forgoten his name.. (what a fool of me), I 'll always remember have been to his place. To taste Korean traditional food and put one of Hahoe's mask on my face. He owns a Korean traditional restaurant and a souvenir store near Andong village gate.

Malam itu, kami makan malam di restaurant yang menyajikan makanan tradisional korea. Itu menu wajib, karena dalam rangka mengenalkan kebudayaan korea ke orang asing, seperti aku dan temen2 kelasku. Makanan sudah disajikan, tapi sebelum mulai makan, aku ingin mencari roti untuk temanku yang masuk angin. Nah, di depan restaurant ada toko kecil. Mungkin disana jual makanan, minimal roti..
Waktu masuk ke toko.. yang ada 90% souvenir. "lho, ini kan toko souvenir.. makanan atau minuman seadanya aja yang dijual.." tapi sepi.. ga ada orang.
Setelah mengucapkan salam, ada seorang tua keluar.. Well, penampilannya seperti empu pembuat keris!.. "mungkin cara berpakaian orang Andong seperti ini, ya?", pikirku. Hmm, trus, jadinya aku hanya beli kerupuk pasir. Rasanya manis, lumayan untuk ngisi perut yang masuk angin. Setelah pamit, aku kembali ke restaurant.
Akhirnya aku bisa makan.. wuih, laparnya.. kami baru makan sekitar pukul 7.30, karena perjalanan cukup jauh dari Seoul (orientasi NIIED).

dari paling kiri, muter ke kanan arah jarum jam : kol pedes, ikan agak asin, ikan mentah (yang warna merah) dengan telur dadar ala korea (yang warna hijau sebelah ikan mentah), trus yang seperti perkedel itu.. aku lupa namanya, kimchi, dan yang paling bawah seperti sayur asem.
Kimchi, itu makanan khas korea.. hampir tiap rumah ada kimchi.. bahkan setiap keluarga punya resep turun temurun dari nenek moyangnya.. kimchi, bisa disimpen sampe 4 tahun!!!... biasanya kalo ada acara besar korea (seperti Idul fitrinya Indonesia), Kimchi pasti disajikan di tiap rumah..
Makanan wajib orang Korea. Tapi, termasuk salah satu makanan yang kurang disukai orang asing. Tapi it's okey for me.. :)

Saat makan, tiba2 keluar dari pintu samping, seorang empu (Bapak yang tadi di toko!!) , sambil bawa beberapa potong kayu..
Ternyata itu "Hahoe's mask" !!!...

Setiap topeng di ceritakan sejarah dan artinya, wataknya, dan sang Master mempersilahkan kami mencoba mengenakan topeng, dan bermain di panggung bohongan.. hehe.

from left : Suphang, Edou, Evan, Sasha, Hussein, Amaj, Jo-Sonsengnim, Lee-Sonsengnim, Aku, dan sang Master.



one of Hahoe's mask dance permormance


The Master act..

Seperti dari jaman kapaaaan gitu, ya... :) Keren!!!

No comments:

Post a Comment